Inggris


Negara Inggris berbentuk kepulauan. Inggris disebut juga Britania raya dan Irlandia utara. Negara Inggris terletak di barat laut Benua Eropa yang beribukota di London.

1. Luas wilayah : 318.872 KM2.
2. Letak astronomis : 500 lu-610 LU dan 20 BT-100 BB.
3. Letak geografis : Terletak di barat laut Benua Eropa.
4. Batas-batas : Utara adalah Samudera Atlantik dan Laut Norwegia. Timur adalah Laut utara. Selatan adalah Selat Inggris. Barat adalah Samudera Atlantik dan Rep. Irlandia.
5. Bentang alam : Berdasarkan relief dan keadaan batuannya dapat dibagi menjadi tiga bagian.
Kawasan bergunung-gunung di bagian barat dan utara.
Irlandia utara berhubungan dengan bagian barat Inggris, tepi danau Nick, dan dataran rendah disekelilingnya menempati posisi sentral dan merupakan sebuah cekungan di daerah Plato Basal.
Dataran rendah yang bergelombang di bagian timur dan selatan.
6. Iklim : Iklim laut yang sejuk dan basah.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 2001, jumlah penduduknya sebesar 60.000.000 jiwa. Kepadatan penduduknya 240 jiwa/KM2. Sekitar 90% penduduk Inggris tinggal di perkotaan. Karena wilayahnya terletak di pos terdepan, maka banyak imigran yang menetap di Inggris. Penduduk asli di Inggris di sebut orang Inggris yang terdiri dari Bangsa Calt dan bangsa Jerman. Imigran biasanya berasal dari Benua Asia dan Afrika.
8. Bentuk pemerintahaan : Monarki Konstitusional, Kepala negara dijabat oleh seorang ratu dan kepala pemerintahaannya dijabat oleh seorang perdana menteri.
9. Bahasa resmi : Bahasa Inggris.
10. Nama resmi : The United Kingdom.
11. Bandara internasional : Heathrow Gatwick.
12. Mata uang : Poundsterling.
13. Lagu kebangsaan : God Save The Queen.
14. Agama : Mayoritas Kristen Anglican, Protestan, Katholik, sebagian lagi Islam, Yahudi, dan ada yang tidak beragama.
15. Kegiatan ekonomi : Dapat dibagi menjadi.
a. Perindustrian. Industrinya antara lain adalah industri berat, Locomotif, Galangan kapal, Mobil, pesawat terbang, Kimia, ban, elektronik, tekstil, dll.
b. Pertambangan. Hasil tambangnya antara lain Batubara, tembaga, timah hitam, seng, mangan, biji besi, dll.
c. Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan. Hasil-hasilnya antara lain Kentang dan sayur mayur, gandum, susu dan mentega, ternak babi dan ayam, ikan-ikan, dan hasil hutan.
d. Perdagangan. Barang komoditas eksportnya antara lain mesin-mesin, barang kimia, wol, tekstil sintesis, kendaraan bermotor, plat-plat baja, locomotif, pesawat terbang, alat-alat elektronik, dll. Sedangkan komoditas importnya antara lain Minyak bumi, kapas, karet, tembakau, belerang, dan biji besi.
e. Perhubungan dan pariwisata. Inggris mempunyai jaringan transportasi yang baik. Inggris juga mempunyai banyak objek pariwisata misalnya pantai-pantai.
16. Kebudayaan : Inggris mempunyai kebudayaan yang sangat tua dalam bidang musik dan seni rupa di London. Museum yang terkenal di Inggris antara lain adalah Museum Galeri nasional, Albert, dan Victoria. Di Inggris juga terdapat perpustakaan terbesar di bumi yaitu The British Library.
17. Bentuk kerjasama Inggris dengan Indonesia :
Kedua Negara saling menjalin hubungan diplomatic.
Kedua Negara bekerjasama dalam bidang social, kebudayaan, pendidikan, pertanian, telekomunikasi, dan perindustrian.
Kedua Negara saling melakukan Eksport Import.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Blog of Serdadu

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger