PERANCIS


Perancis yang memiliki nama resmi Republique Francaise merupakan negara terluas di Eropa Barat. Negara ini dikenal dengan sebutan negri Mode Dunia. Ibu kota Perancis adalah Paris yang disebut kota Cahaya. 
o Letak dan batas negara
Perancis termasuk ke dalam wilayah Eropa Barat. Luas wilayahnya adalah 547.030 km2. Letak astronomis Perancis adalah 42 LU – 51 LU dan 5 BB – 8 BT. Berikut adalah batas-batas negara Perancis : Utara : Selat Inggris, negara Inggris, Belgia, dan Luxemburg. Timur : Negara Italia, Swiss, dan Jerman. Selatan : Negara Spanyol. Barat : Samudra Atlantik. 
o Bentang alam 
Sebagian besar daratan di Francis merupakan dataran rendah dengan 2/3 bagiannya memiliki ketinggian kurang dari 250 m. dataran rendah ini memanjang dari perbatasan Belgia hingga Jerman. Perancis secara umum terbagi atas beberapa bagian berikut : 
a. Cekungan Paris ( basin ) Central atau yang dikenal sebagai Masif Central. Massif Central merupakan sebuah simpul dari lipatan pegunungan dan terletak di tengah-tengah hingga ke Selatan Perancis. 
b. Pegunungan Alpen, Jura, dan Vosges yang berada di sebelah barat. Di pegunungan Alpen terdapat Mount Blanc ( 4.807 m ) yang merupakan puncak gunung tertinggi di Eropa Barat. 
c. Pegunungan Pyrenees yang memanjang antara perbatasan Spanyol dan Perancis. 
d. Lembah sungai Roun dan Laut tengah. 
o Iklim 
Perancis memiliki berbagai macam iklim. Di selatan Perancis bila tiba musim panas, cuaca menjadi panas dan kering. Hampir seluruh daratan Perancis mendapat curah hujan tahunan sekitar 500 – 1.200 m. Temperatur udara tahunan sekitar 90 C – 19,50 C. Daerah pegunungan di Perancis umumnya tertutup salju sepanjang tahun. Di daerah barat, sering terjadi hujan karena pengaruh samudra Atlantik. 
o Penduduk 
Jumlah penduduk di Perancis pada tahun 2006 sekitar 61.200.000 jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 107 jiwa/km2. Perancis memiliki pertumbuhan penduduk sebesar 0,3 % per tahun. Suku bangsa di Perancis sebagian besar adalah suku Perancis ( 95 % ), kelompok etnis lainnya adalah imigran yang mencari pekerjaan. Mereka datang dari Portugis, Aljazair, Maroko, Italia, dan Spanyol. Bahasa resmi Perancis hádala bahasa Perancis. Bahasa ini merupakan bahasa kedua setelah bahasa Inggris. Agama yang dianut masyarakat Perancis terdiri atas agama Katholik Roma ( 90 % ), Protestan ( 2 % ), Yahudi ( 1 % ), Islam ( 1 % ), dan agama lain ( 6 % ). 
o Perekonomian 
a. Pertanian Hasil-hasilnya antara lain tanaman seperti gandum, barli, dan padi. Perancis termasuk negara penghasil gandum terbesar di dunia, yang banyak dihasilkan di Cekungan Paris, dan Flandre. Hasil pertanian lainnya yaitu anggur. Perancis termasuk negara kedua terbesar penghasil anggur di dunia. 
b. Pertambangan Hasil-hasilnya antara lain bijih besi, bauksit, gypsum, timah, magnesium, sulfur, uranium, zinkum, dan batubara serta minyak bumi. Perancis termasuk negara penghasil baja terbesar di dunia.
c. Perindustrian Perancis terkenal dengan industri otomotif, pesawat terbang, industri kimia, dan elektronik.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Blog of Serdadu

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger